• Tuesday 23rd of April 2024 07:29:43 PM

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme serta tanggung jawab pada bangsa dan negara;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain;
  6. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  7. Memiliki sikap kepekaan sosial dan kepedulian untuk bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang layanan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi secara profesional;
  11. Mewujudkan karakter "beriman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh" dalam menjalankan tugas;
  12. Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik; dan
  13. Mampu menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat dalam layanan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, menampilkan kinerja berkualitas, menunjukkan sikap kepemimpinan, menghargai pendapat dan pemikiran orang lain serta bekerja sama.

 

Penguasaan Pengetahuan ::

  1. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional;
  2. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang model dasar, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi;
  3. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin;
  4. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat;
  5. Menguasai teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi;
  6. Menguasai teknologi dalam bidang kepemimpinan pendidikan;
  7. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan supervisi pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional;
  8. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang model dasar, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam supervisi pendidikan;
  9. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang konsep, teori dan perkembangan bidang supervisi pendidikan untuk memecahkan masalah pada tingkat mikro dengan menggunakan pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin;
  10. Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dalam supervisi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat;
  11. Menguasai teknologi dalam bidang supervisi pendidikan;
  12. Teori manajemen kewirausahaan bidang pendidikan; dan
  13. Mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, seni kewirausahaan bidang pendidikan.

 

Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang administrasi pendidikan;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam bidang administrasi pendidikan;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang administrasi pendidikan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya pada laman perguruan tinggi;
  4. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang administrasi pendidikan, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu menerapkan konsep dasar kewirausahaan pendidikan;
  10. Mampu menunjukkan perilaku kewirausahaan;
  11. Mampu memraktikkan prinsip kewirausahaan pendidikan;
  12. Mampu menunjukkan jiwa kewirausahaan; dan
  13. Mampu melaksanakan berbagai jenis kewirausahaan pendidikan.

 

Ketrampilan Khusus :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks proses perencanaan, sistem tata kelola, supervisi, monitoring dan evaluasi serta pelaporan dalam bidang pendidikan;
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam mengelola bidang garapan pendidikan (kurikulum dan pembelajaran, kesiswaan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan pendidikan, hubungan sekolah dan masyarakat, dan layanan khusus);
  3. Memiliki kecakapan dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dan profesional berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data, serta dapat memilih berbagai solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dalam memecahkan persoalan tata kelola pendidikan, pembelajaran, dan layanan perkembangan peserta didik yang dihadapinya sesuai dengan konteksnya untuk memperoleh hasil pembelajaran terbaik dan pengembangan peserta didik yang optimal;
  4. Mampu memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada peranan administrator pendidikan/ dalam bidang: perencanaan, tata kelola, dan supervisi pendidikan;